Air Adalah : Pengertian, Manfaat dan Sumber Air di Alam

Adalah.Co.Id – Air adalah senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air seumur hidup tidak bisa digantikan oleh senyawa lain. Penggunaan air yang paling penting adalah air minum. Ini terutama digunakan untuk menutupi kebutuhan tubuh manusia itu sendiri. Kehilangan air 15% dari berat badan dapat menyebabkan kematian karena dehidrasi. Karena itu orang dewasa harus minum setidaknya 1,5 – 2 liter air setiap hari untuk menyeimbangkan tubuh dan untuk mendukung metabolisme.

Dalam tubuh manusia, air diperlukan untuk mengangkut zat makanan ke dalam larutan dan untuk melarutkan berbagai jenis zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, melarutkan oksigen sebelum memasuki pembuluh darah di sekitar alveoli.

Air adalah salah satu unsur terpenting di bumi, karena air adalah unsur yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk kehidupan mereka. Dengan cara ini orang dapat mengatakan bahwa air adalah sumber kehidupan sebagai tanda kehidupan.

Nah, kali ini kita akan membahas air. Karena sebagian dari kita masih belum mengerti bagaimana sebenarnya air itu. Kami tidak bisa menyangkal itu. Mari kita simak artikel ini.

Air ini bukan hanya sumber kehidupan, tetapi juga memiliki fungsi menyembuhkan penyakit. Contohnya adalah air alkali super-stabil dengan pH> 9,8, yang merupakan air milagurik. Anda dapat menemukan jenis air ini di air Zam-Zam. Itu sebabnya air Zam-Zam sangat diminati oleh banyak orang, terutama umat Muslim. Tidak hanya sehat, tetapi juga air suci.

Air adalah elemen yang memainkan peran paling penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup di bumi ini. Air dapat diartikan secara ilmiah sebagai senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur, yaitu unsur H2 (hidrogen), yang berikatan dengan unsur O2 (oksigen) dan kemudian menghasilkan senyawa air (H2O).

Penjelasan ilmiah lain dari istilah air menyebutkan apakah air adalah pelarut. Ya, air adalah pelarut yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan makhluk hidup. Ini karena sifat kimia dari air yang larut memainkan peran penting dalam proses metabolisme makhluk hidup.

Air-Adalah
Air Adalah

Sederhananya, air juga dapat diartikan sebagai sumber kehidupan dan tanda-tanda vital. Merupakan sumber kehidupan, karena setiap makhluk yang hidup di bumi ini membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Di sisi lain, air juga diartikan sebagai tanda kehidupan. Ini karena tubuh manusia kebanyakan air, sehingga tidak ada kehidupan pada manusia ketika tidak ada air. Dengan cara ini, seseorang dapat menyimpulkan bahwa air pada umumnya adalah senyawa yang memainkan peran penting dalam mendukung semua aspek kehidupan bagi makhluk hidup di permukaan bumi.

Pengertian Air Menurut Para Ahli

  1. Menurut Sitanala Arsyad, air adalah senyawa dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen, yang menjadi H2O.
  2. Hefni Effendi berpendapat bahwa air adalah sumber momentum.
  3. Robert J. Kodoatie berpendapat bahwa air adalah bahan yang memungkinkan kehidupan di Bumi.
  4. Menurut Roestam Sjarief, air adalah zat terpenting yang dibutuhkan makhluk hidup.
  5. Ilmu Kimia berpendapat bahwa air adalah H2O dan jawabannya dibenarkan secara empiris berdasarkan pengamatan.
  6. Sayyid Qutb berpendapat bahwa air adalah fondasi kehidupan dan elemen yang dibutuhkan dalam kehidupan bagi orang-orang untuk menantikan kedatangan mereka.
  7. Eko Budi Kuncoro menjelaskan bahwa air adalah senyawa kimia sederhana yang terdiri dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). Air memiliki ikatan hidrogen yang cenderung bersatu untuk melawan kekuatan eksternal yang memutus ikatan ini.
  8. Bambang Agus Murtidjo berpendapat bahwa air adalah zat yang memiliki keistimewaan menjadi penghantar panas yang sangat baik, sehingga air lebih penting dalam tubuh dari pada makanan.

Manfaat Air

Diskusi tentang air tidak akan lengkap tanpa mendiskusikan manfaat air itu sendiri. Air tidak hanya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup di Bumi, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup di Bumi, baik manusia, hewan atau tumbuhan.

Dalam salah satu istilah air yang disebutkan di atas, dijelaskan bahwa air berperan dalam proses metabolisme tubuh. Ya, air dapat membawa manfaat kesehatan bagi manusia, karena bagian dari kandungan air mengandung zat-zat yang meningkatkan kesehatan. Jika Anda mengonsumsi air secara teratur, metabolisme Anda akan terhenti, sehingga orang tidak mudah terkena penyakit yang berkaitan dengan metabolisme tersebut.

Selain itu, air juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting bagi kehidupan. Misalnya, sebagai alat transportasi yang juga dapat membantu dalam perekonomian. Air juga dapat memberikan manfaat rekreasi, karena beberapa sumber air dapat digunakan sebagai area rekreasi, misalnya pantai, waduk, sungai, dan danau dll.

Sumber Air di Alam

Semua sumber air di alam terdiri atas air laut, air atmosfir (air metereologik), air permukaan, dan air tanah.

1. Air Laut

Pada dasarnya air laut mempunyai sifat asin, karena mengandung garam NaCl, Salinitas NaCl dalam air laut tidak memenuhi persyaratan untuk di minum.

2. Air Atmosfer, Air Meteriologik

Dalam kehidupan sehari-hari, air ini disebut sebagai air hujan. Kontaminan dapat terjadi di hadapan polutan udara yang disebabkan oleh kontaminan industri / debu, dll. Namun, ketika bersih, itu sangat bersih, sehingga air hujan tidak boleh dijadikan sebagai sumber air minum, karena masih mengandung banyak kotoran.

Selain itu, air hujan bersifat agresif, terutama terhadap perpipaan dan reservoir, yang mempercepat terjadinya korosi (karat). Selain itu, air hujan ini memiliki sifat lunak sehingga boros terhadap penggunaan sabun.

3. Air Permukaan

Air permukaan adalah salah satu sumber terpenting bahan baku air bersih. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk kualitas standar, kuantitas atau kontinuitas.

Air permukaan seringkali merupakan sumber air yang paling tercemar karena aktivitas manusia dan juga fauna. Zat-zat lainnya. Air permukaan termasuk:

  • Yang pertama adalah Air Sungai, memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi. Dan itu karena tercemar selama drainase, misalnya, lumpur, batang pohon, daun, limbah industri, dan sebagainya. Karena itu, ketika digunakan untuk di minum, harus diperlakukan dengan benar.
  • Kedua Air rawa, Sebagian besar air rawa berwarna kuning, karena terdapat zat organik yang terurai, misalnya asam humat yang larut dalam air. Dan dengan dekomposisi kandungan zat organik yang tinggi, kandungan mangan umumnya akan tinggi dan dalam keadaan kelarutan O 2 akan sangat buruk, maka unsur-unsur mangan akan larut.

4. Air Tanah

Demikian pula menurut Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan Lingkungan, pemahaman air tanah adalah bagian dari air hujan yang mencapai permukaan bumi dan menyerapnya ke dalam lapisan tanah dan menjadi air tanah. Dan sebelum air hujan mencapai lapisan air tanah, ia menembus ke dalam beberapa lapisan tanah dan menyebabkan kekerasan.