CMV Adalah

Adalah.Co.Id – Cytomegalovirus atau CMV adalah sekelompok virus yang dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit. Infeksi CMV pada umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan karena sistem kekebalan tubuh dapat mengendalikan infeksi virus ini.

Namun, begitu tubuh terinfeksi virus CMV, virus dapat tetap berada di dalam tubuh pasien seumur hidup dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu, seperti transplantasi organ pasca operasi atau pasien yang terinfeksi HIV, dapat mengalami masalah kesehatan yang serius, serta bayi yang terpapar virus ini dari air susu ibu.

Infeksi cytomegalovirus dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti air liur, darah atau urin. Penularan terjadi ketika virus aktif. Misalnya, wanita hamil yang terinfeksi virus CMV aktif dapat menularkan virus ini ke janin mereka. Kondisi ini disebut CMV bawaan.

CMV-Adalah
CMV Adalah

Sejauh ini, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan infeksi dengan cytomegalovirus. Namun, pemberian obat seperti obat antivirus dapat meringankan gejala yang terjadi pada pasien.

Setelah infeksi awal atau pertama kalinya, CMV hidup secara permanen (dormant) di dalam tubuh selama sisa hidup kita. Infeksinya laten, tetapi reaktivasi, replikasi dan infeksi ulang sering terjadi. Difusi dalam tubuh atau endogen dapat terjadi melalui aliran darah.

Infeksi CMV bersifat sistemik yaitu menyerang berbagai organ tubuh dan dapat mempercepat proses inflamasi, merangsang reaksi autoimun, berpartisipasi dalam patogenesis aterosklerosis, merangsang penyebaran dan mempercepat perkembangan keganasan dan menyebabkan kemandulan.

Penyebab Cytomegalovirus

Cytomegalovirus adalah sekelompok virus herpes, sekelompok virus yang menyebabkan cacar air atau herpes simpleks. Virus ini dapat bertahan dalam tubuh walaupun tidak aktif, tetapi dapat aktif kembali kapan saja. Ketika virus aktif, orang tersebut dapat menularkan virus melalui:

  1. Kontak langsung dengan cairan tubuh, misalnya dengan memegang mata, hidung atau mulut setelah kontak langsung dengan cairan tubuh yang menderita infeksi CMV.
  2. Kontak s3ksual. Pasangan bisa mendapatkan infeksi virus CMV setelah melakukan hubungan intim.
  3. Melalui transplantasi organ atau transfusi darah.
  4. pasokan ASI. Seorang ibu yang terinfeksi CMV dapat menularkan virus ke bayi saat menyusui.
  5. Selama bekerja. Ibu yang terinfeksi CMV dapat menularkan virus ke anak-anak selama persalinan. Risiko penularan kepada bayi lebih besar pada saat aktivitas aktif pertama daripada ketika virus aktif kembali.

Gejala Cytomegalovirus

Infeksi cytomegalovirus umumnya tidak menyebabkan gejala yang parah dan tidak disadari penderitanya. Pada orang yang terinfeksi virus ini gejala ringan seperti demam di atas 38 derajat Celcius, kelelahan, otot dan sakit tenggorokan dan pembesaran kelenjar getah bening.

Sementara itu, wanita hamil yang terinfeksi virus CMV dapat menyebarkan infeksi ini ke janin atau anak-anak dengan gejala yang lebih buruk, antara lain:

  1. Kematian janin di dalam rahim.
  2. Kelahiran prematur dengan berat bayi yang rendah.
  3. Ukuran kepala bayi kecil atau mikrosefalus.
  4. Kulit dan mata berwarna kuning.
  5. Hati membesar dan tidak bekerja dengan baik.
  6. Limpa yang membesar.
  7. Bintik-bintik ungu atau ruam.
  8. Kematian bayi baru lahir karena perdarahan, anemia, dan gangguan hati atau otak.
  9. Keterlambatan pertumbuhan anak.

Gejala pada anak dengan infeksi virus CMV dapat didiagnosis setelah lahir atau beberapa tahun kemudian.

Gejala yang lebih serius juga terjadi pada pasien dengan sistem kekebalan yang melemah. Gejala-gejala ini termasuk gangguan mata (retinitis), gangguan paru-paru (pneumonia) hati, kerongkongan (esofagus), lambung, usus dan otak (ensefalitis).

Diagnosis Cytomegalovirus

Seringkali diagnosis untuk cytomegalovirus (CMV) tidak dibutuhkan, terutama pada orang dewasa dan anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, karena tidak diperlukan pengobatan untuk infeksi sitomegalovirus. Selain itu, sitomegalovirus tidak dapat dengan mudah dideteksi karena gejala yang terjadi pada pasien seperti demam atau kelelahan, sebanding dengan infeksi virus lainnya.

Jika seorang pasien diduga memiliki infeksi CMV, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus ini dari cairan atau jaringan tubuh. Tes darah laboratorium juga dapat mengkonfirmasi infeksi CMV dengan memeriksa tingkat antibodi CMV. Selain itu, tes darah juga menunjukkan berapa banyak virus di dalam tubuh.

Kadang-kadang antibodi yang telah terdeteksi pada pasien dengan sistem kekebalan rendah tidak dapat membuktikan bahwa CMV aktif, itulah sebabnya diperlukan biopsi jaringan yang terinfeksi dan pemeriksaan organ, misalnya jika pemeriksaan struktur mata menunjukkan retinitis dengan ophthalmoscope. Pemeriksaan mata ini diklasifikasikan sebagai tidak normal jika ada kondisi abnormal.

Selain orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, wanita hamil yang diduga terinfeksi CMV, ujian diperlukan untuk menguji CMV. Kadang-kadang tes darah tidak cukup, sehingga cairan ketuban harus diperiksa (amniosentesis). Jika janin diduga mengalami infeksi CMV, bayi harus diperiksa dalam waktu 3 minggu setelah melahirkan. Pada bayi diagnosis CMV dapat dikonfirmasi dalam urin.

Komplikasi Cytomegalovirus

Komplikasi dari cytomegalovirus umumnya bervariasi dan dapat terjadi pada siapa saja, tergantung pada kesehatan pasien jika terjadi infeksi dan kondisi umum pasien. Komplikasi biasanya terjadi pada pasien dengan infeksi CMV dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk kehilangan penglihatan, gangguan pencernaan (radang usus besar, esofagitis dan hepatitis), penyakit pada sistem saraf (ensefalitis) dan pneumonia.

Komplikasi juga dapat terjadi pada bayi baru lahir dengan infeksi CMV bawaan. Komplikasi termasuk gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kejang, koordinasi tubuh yang buruk, gangguan otot dan penurunan fungsi intelektual.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sitomegalovirus dapat meningkatkan risiko mononukleosis pada orang dewasa yang sehat. Jenis komplikasi lain yang dapat terjadi pada orang sehat adalah penyakit pada sistem pencernaan, hati, otak dan sistem saraf.

Pengobatan Cytomegalovirus

Pengobatan tidak dibutuhkan pada orang yang sehat meskipun terinfeksi virus CMV. Sementara itu, orang dengan infeksi CMV dengan gejala ringan biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 3 minggu. Namun, pengobatan harus untuk orang dengan infeksi CMV dengan sistem kekebalan yang lemah atau untuk anak-anak yang terinfeksi CMV. Perawatan ini bertujuan untuk melemahkan virus dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang lebih serius, karena tidak ada obat yang dapat menyembuhkan infeksi CMV.

Pengobatan didasarkan pada keparahan dan gejala pasien. Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi CMV adalah obat antivirus yang dapat memperlambat reproduksi virus ini. Contoh obat antivirus untuk infeksi CMV di mata adalah valgansiklovir atau gansiklovir. Obat antivirus juga diberikan kepada pasien setelah transplantasi organ untuk mencegah infeksi CMV.

Pencegahan Cytomegalovirus

Pencegahan infeksi CMV dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan. Beberapa upaya untuk menjaga kebersihan antara lain sebagai berkut:

  1. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 15-20 detik. Upaya-upaya ini sangat penting ketika mereka berhubungan dengan anak-anak kecil atau ketika anak-anak tinggal di taman kanak-kanak atau sekolah.
  2. Hindari kontak langsung dengan cairan tubuh orang lain, misalnya mencium bibir, terutama pada wanita hamil.
  3. Hindari menggunakan peralatan yang sama untuk makan dan minum milik orang lain.
  4. Bersihkan meja, kursi atau mainan secara teratur, terutama barang yang sering disentuh oleh anak-anak.
  5. Berhati-hatilah saat membuang sampah, terutama yang terkontaminasi dengan cairan tubuh seperti popok dan tisu. Pastikan Anda tidak memegang wajah atau mata sebelum Anda mencuci tangan.
  6. Bangun hubungan s3ksual yang aman menggunakan kondom untuk mencegah penularan CMV.

Cegah Infeksi Cytomegalovirus Sejak Dini

Cytomegalovirus atau CMV adalah sekelompok virus yang dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit. CMV disebabkan oleh infeksi sitomegalovirus yang dapat dengan mudah menyebar ke cairan tubuh seperti darah, air liur, air seni, ASI, otak, paru-paru, usus, lambung, ginjal, hati, jantung, mata, dan lain-lain.

Orang yang beresiko terkena CMV adalah anak-anak yang belum lahir yang ibunya terinfeksi CMV, anak-anak dan orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tanda-tanda seseorang dengan CMV termasuk kesulitan bernafas, kejang, demam, muntah, pusing, kelelahan, lesu, lekas marah, perubahan kesadaran, paresis dari saraf kranial dan saraf mikroskopis.

Sementara itu, wanita hamil yang terinfeksi virus CMV dapat menularkan infeksi ini ke janin atau anak-anak dengan gejala yang lebih buruk, termasuk kematian janin di dalam rahim, kelahiran prematur dengan berat lahir rendah dan ukuran kepala anak kecil, atau mikrosefali dan kematian bayi baru lahir karena pendarahan, anemia, atau gangguan hati atau otak.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter

  1. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan memiliki tanda atau gejala infeksi virus CMV. Orang yang menjalani transplantasi organ atau pembedahan sel induk berisiko lebih tinggi.
  2. Pasien mononukleosis dapat diskrining untuk CMV.

Jika seseorang menderita CMV tetapi tetap sehat dan memiliki gejala ringan, maka orang itu sedang dalam fase reaktivasi.

Konsultasikan dengan dokter anak jika Anda tahu bahwa seseorang terinfeksi CMV selama kehamilan. Dokter akan secara teratur menilai pendengaran atau penglihatan anak.

Sekian artikel tentang Cytomegalovirus ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>