Strategi Pembelajaran Adalah

Adalah.Co.Id – Strategi pembelajaran adalah metode yang dipilih dan digunakan oleh seorang guru untuk menyediakan bahan belajar yang dimaksudkan untuk memudahkan siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran yang pada akhirnya dapat dikuasai pada akhir kegiatan pembelajaran.

Metode pembelajaran adalah metode / prosedur yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural yang berisi tahapan-tahapan tertentu, sedangkan tekniknya adalah metode yang digunakan adalah implementatif. Dengan kata lain, metode yang dipilih masing-masing guru adalah sama, tetapi teknik penyampaiannya berbeda.

Strategi-Pembelajaran-Adalah
Strategi Pembelajaran Adalah

Strategi pembelajaran harus mencakup penjelasan tentang metode atau prosedur dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran. Artinya, metode atau prosedur dan teknik pembelajaran adalah bagian dari strategi pembelajaran.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari startegi pembelajaran menurut ahlinya

1. Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977)

Memahami strategi pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril adalah strategi untuk mengatur isi pelajaran, yang disebut sebagai strategi struktural dan mengacu pada cara di mana fakta, konsep, prosedur dan prinsip terkait diurutkan dan dianalisis.

2. Gerlach dan Ely (1980)

Memahami strategi pembelajaran menurut Gerlach dan Ely adalah cara di mana subjek diajarkan dalam lingkungan belajar tertentu yang terdiri dari jenis, ruang lingkup dan urutan kegiatan yang dapat menyampaikan pengalaman belajar kepada siswa.

3. Frelberg dan Driscoll (1992)

Memahami strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll adalah untuk mencapai tujuan yang berbeda dengan memberikan materi pelajaran pada tingkat yang berbeda untuk siswa yang berbeda dalam konteks yang berbeda.

4. Dick dan Carey (1985)

Memahami strategi belajar Dick dan Carey terdiri dari serangkaian materi dan praktik pembelajaran yang digunakan bersama untuk mencapai hasil belajar bagi siswa.

5. Kemp

Memahami strategi pembelajaran menurut Kemp adalah kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Jenis-jenis Strategi Pembelajaran

Ada beberapa jenis-jenis dari strategi pembelajaran, antara lain sebagai berikut:

1. Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran dengan tingkat fokus guru tertinggi, tetapi strategi ini banyak digunakan. Contoh strategi pembelajaran langsung meliputi: pelajaran, pertanyaan deduktif, pengajaran dan praktik eksplisit, dan bahkan demonstrasi.

2. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Ini adalah jenis strategi pembelajaran yang menunjukkan tingkat keterlibatan siswa tertinggi, karena guru bertanggung jawab untuk memeriksa, mendapatkan data, dan membuat asumsi.

3. Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Jenis-jenis strategi pembelajaran interaktif mengarah pada bentuk diskusi dan pertukaran antar siswa.

4. Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Strategi pembelajaran melalui pengalaman adalah strategi pembelajaran yang menggunakan urutan induktif yang mengarah ke pusat siswa dan juga orientasinya terhadap suatu kegiatan.

5. Strategi Pembelajaran Mandiri

Pembelajaran mandiri adalah sejenis strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian dan peningkatan diri.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran di sini dapat diartikan sebagai metode untuk mengimplementasikan rencana yang telah dibuat dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada berbagai metode pembelajaran yang dengannya strategi pembelajaran dapat diterapkan termasuk ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, karya, pengalaman praktis, pendapat, debat, simposium, dll.

Teknik Pembelajaran

Selain itu, metode pembelajaran diterjemahkan ke dalam teknik dan taktik belajar. Oleh karena itu teknik pembelajaran dapat dilihat sebagai cara bagi seseorang untuk menerapkan metode tertentu. Misalnya, menggunakan metode pengajaran di kelas dengan jumlah siswa yang relatif besar memerlukan tekniknya sendiri yang jelas berbeda secara teknis dari menggunakan metode pengajaran di kelas dengan jumlah siswa yang terbatas.

Demikian pula, ketika menggunakan metode diskusi, teknik yang berbeda harus digunakan di kelas di mana siswa diklasifikasikan sebagai aktif dan kelas sebagai pasif. Dalam hal ini, guru juga dapat mengubah teknik di koridor yang sama.

Fungsi dan Tujuan Strategi Pembelajaran

Fungsi dan tujuan dari strategi pembelajaran antara lain:

  1. Memberikan isi pembelajaran kepada pembelajar.
  2. Menyajikan informasi atau bahan-bahan yang dibutuhkan dalam belajar untuk menunjukkan unjuk kerja.

Sekian artikel tentang Strategi Pembelajaran ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasuih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>