Supervisor Adalah

Adalah.Co.Id – Tentunya setiap orang pernah mendengar tentang supervisor atau biasa disebut sebagai SPV dalam struktur organisasi atau di perusahaan. Dalam struktur organisasi, salah satunya ada supervisor yang berada di bawah manajer dan di atas karyawan yang bertanggung jawab untuk implementasi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang supervisor, gaji, tugas, fungsi, peranan dan kedudukannya. Untuk itu mari simak artikel nya dibawah ini.

Supervisor Adalah ?

Supervisor-Adalah

Supervisor adalah seseorang yang memiliki tugas memantau (mengawasi, mengelola) beberapa karyawan perusahaan di bawahnya di area kerja tertentu. Misalnya sebagai manajer penjualan, manajer toko, manajer produksi, penyelia, dan lain-lain. Penyelia berasal dari kata supervisi, yang berarti mengawasi dan memimpin.

Supervisor adalah seseorang yang harus melakukan banyak jenis fungsi untuk mencapai produktivitas tinggi. Ada beberapa orang yang menyebut supervisor sebagai pekerja, di sisi lain ada yang menyebut supervisor sebagai manajer. Tugas utama seorang manajer adalah mengelola karyawan di tingkat manajemen.

Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian supervisor menurut beberapa para ahli:

1.Sarwoto

Dalam bukunya manajemen Organisasi, manajer menurut Sarwoto adalah seseorang dari organisasi yang bertanggung jawab atas timnya.

2. Jack D. Ninemeier

Supervisor menurut Jack D. Ninemeier adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola karyawan bawahan atau karyawan lain tanpa bawahan.

3. Moekijat

Supervisor menurut Moekijat  sebagai anggota manajemen depan yang bertanggung jawab atas pekerjaan kelompok di tingkat manajemen yang lebih tinggi atau sebagai pemilik perusahaan.

Gaji Supervisor Di Indonesia

Menjadi seorang supervisor tidaklah mudah, pekerjaan itu penuh dengan tantangan dan banyak tanggung jawab, karena seorang supervisor harus mengawasi (mengelola) beberapa karyawan di bawahnya di area kerja tertentu. Dalam pekerjaan seperti itu, supervisor dibayar rata-rata Rp 4.410.452 per bulan.

Peran seorang supervisor berbeda di setiap perusahaan atau agen yang mempekerjakannya. Namun, secara umum, tugas utama supervisor adalah memantau jalannya produksi sehingga berjalan dengan lancar dan terkendali.

Supervisor bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pekerjaan dilakukan dengan benar sehingga proses produksi berjalan dengan lancar, misalnya memantau bawahan, melaksanakan instruksi kerja, memantau produksi, tanggung jawab keselamatan, keselamatan atau kesehatan yang terancam. Manajer harus dapat bekerja sama antara manajer dan bawahan perusahaan sehingga tidak ada konflik di dalam perusahaan.

Tugas Supervisor Di Perusahaan

  1. Menginformasikan manajemen tentang kondisi bawahan atau menjadi perantara antara karyawan dan manajemen
  2. Membuat rencana jangka pendek untuk tugas-tugas yang ditetapkan oleh atasannya
  3. Bertanggung jawab untuk memotivasi karyawan untuk bekerja
  4. Memberikan pedoman yang dikirim dari kantor di atasnya kepada semua bawahan dan kelompoknya
  5. Menyelesaikan masalah rutin harian
  6. Meninjau dan evaluasi kinerja bawahan
  7. Menjalankan tugas, proyek, dan bekerja secara langsung
  8. Bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan bawahannya (karyawan)
  9. Bertanggung jawab atas deskripsi pekerjaan untuk karyawan bawahan
  10. Bertanggung jawab atas pekerjaan SDM
  11. Bertanggung jawab untuk membuat rencana kerja bagi karyawan
  12. Disiplin dengan bawahan
  13. Bertanggung jawab atas penyediaan staf perawat
  14. Terapkan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan
  15. Bertanggung jawab atas implementasi rencana kerja harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Fungsi Supervisor

  1. Untuk mendukung tugas-tugas karyawan bawahan
  2. Untuk menjaga koneksi antara karyawan dan manajer
  3. Untuk memperhitungkan semua keluhan dari tamu dan pelanggan yang dikirim oleh karyawan untuk disampaikan kepada manajer
  4. Untuk memecahkan masalah sebanyak mungkin tanpa dikelola oleh atasan atau manajer.

Tanggung Jawab Supervisor

Berikut adalah tanggung jawab dari supervisor:

  1. Manajer memberikan penghargaan kepada karyawan bawahannya
  2. Manajer memiliki hak untuk menghukum karyawan bawahan mereka (sanksi)
  3. Manajer mengajukan proposal promosi untuk karyawan bawahannya
  4. Planning, merencanakan kegiatan yang menjadi fungsinya
  5. Organizing, koordinasi kegiatan dan tugas yang harus dilakukan dengan lancar
  6. Staffing, yang menjamin semua orang yang terlibat dalam tugas dan pekerjaan.
  7. Directing, bagaimana kegiatan dan pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar.
  8. Controlling, kegiatan kelompok dan pekerjaan yang dilakukan oleh kelompok.

Kedudukan Supervisor

Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab kepada manajer senior dan yang peran utamanya adalah mengelola pekerja di tingkat operasional. Manajer berada di puncak manajemen yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Para pemimpin lainnya bertanggung jawab dan mengawasi para pemimpin lainnya. Jadi, Anda mengawasi orang-orang yang termasuk dalam kelompok. Manajer tidak demikian, manajer memiliki hubungan kerja antara dua kelompok yang berbeda, yaitu atasan dan bawahan. Puncak bertanggung jawab atas manajer kelompok, puncak dalam tim.

Supervisor harus diterima dan dihormati oleh kedua kelompok agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Dia berdiri sendirian dengan satu kaki di kelompok manajer dan kaki lainnya di kelompok pekerja. Jika demikian, peran apa yang dimainkan supervisor dalam organisasi atau masyarakat?

Peranan Supervisor

Berikut adalah peranan-peranan dari supervisor:

1. Sebagai Perencana

Seorang supervisor harus membuat dan merencanakan rencana kerja untuk pekerjaan sehari-hari. Pada saat yang sama, pekerjaan untuk karyawan bawahan harus dibagi sesuai dengan keterampilan mereka.

2. Sebagai seorang Manajer

Seorang supervisor adalah bagian dari tim manajemen perusahaan. Dalam praktiknya, dia juga merupakan seorang manajer operasi.

4. Sebagai seorang Pembimbing

Seorang supervisor memimpin karyawan bawahannya dan membimbing mereka dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Bahkan, ia juga bertindak sebagai bawahan yang menginspirasi.

5. Sebagai Mediator

Seorang manajer juga bertindak sebagai penghubung dan juru bicara antara manajer dan karyawan, sehingga keduanya menjalin komunikasi yang baik.

6. Sebagai seorang Inspektur

Peran utama seorang supervisor adalah untuk menegakkan disiplin di tempat kerja. Dalam hal ini, termasuk memeriksa kemajuan pekerjaan terhadap jadwal yang ditetapkan, menilai secara teratur kinerja kerja dan melaporkan penyimpangan, jika demikian, aturan dan ketentuan yang perlu diikuti dapat ditetapkan.

Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa pemantauan yang efektif dan efisien dapat membantu meningkatkan kinerja, membangun hubungan manusia yang lebih baik, dan menciptakan lingkungan yang ramah dan kolaboratif yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Demikianlah artikel tentang Supervisor ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan baru bagi anda, terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>