Improvement Adalah : Manfaat dan Waktu Menggunakan Improvement

Adalah.Co.Id – Improvement adalah usaha-usaha berkelanjutan yang dilakukan untuk mengembangkan dan memperbaiki produk, pelayanan, ataupun proses. Upaya ini bertujuan untuk menemukan dan mempertahankan bentuk terbaik dari perbaikan yang dihasilkan, yang merupakan solusi terbaik untuk masalah yang ada yang hasilnya akan bertahan dan bahkan berkembang menjadi lebih baik.

Continuous improvement, atau Kaizen adalah suatu metode untuk mengidentifikasi peluang perbaikan untuk merampingkan cara kerja dan mengurangi pemborosan. Pendekatan ini distandarisasi oleh popularitas Lean / Agile / Kaizen di industri manufaktur dan jasa dan saat ini digunakan oleh ribuan perusahaan di seluruh dunia untuk mengidentifikasi peluang penghematan. Banyak ide yang dapat digabungkan untuk hasil yang bagus. Sebagai contoh, Kaizen dan Kanban dapat digunakan bersama untuk memberikan peningkatan berkelanjutan.

Improvement-Adalah
Improvement Adalah

Sementara continuous improvement dapat dilakukan tanpa versi yang lebih terstandarisasi dari metodologi lean dan lincah, alat yang tepat yang dipilih oleh perusahaan dapat menggabungkan peningkatan berkelanjutan dengan solusi skala besar secara otomatis.

Manfaat Improvement

1. Merampingkan Alur Kerja

Melakukan perbaikan yang berkelanjutan adalah hal yang pertama dilakukan untuk menurunkan biaya operasional. Peningkatan berkelanjutan (kadang-kadang disebut sebagai “perbaikan cepat”) adalah metode peningkatan lean yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan alur kerja.

Proses kerja yang Lean memungkinkan alur kerja yang efisien yang efisien yang menghemat waktu dan uang serta mengurangi waktu dan upaya. Misalnya, proyek yang mengubah tenggat waktu, prioritas, dan kompleksitas lainnya sering kali memberikan peluang untuk perbaikan. Hanya saja seseorang harus mengambil kesempatan.

2. Menurunkan Biaya dan Mencegah Kelebihan Biaya Project

Penting bagi seorang manajer untuk mengetahui biaya penyelesaian suatu project. Oleh karena itu, banyak kantor manajemen proyek mendapat manfaat dari mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek. Manajer proyek dapat menghemat biaya proyek dan menghindari kelebihan anggaran dengan Perangkat Lunak Peramalan. Peramalan (selain memperkirakan) apakah pembatasan proyek dicabut adalah salah satu cara biro manajemen proyek dapat meningkatkan efektivitas bisnis secara keseluruhan.

Kapan Kita Menggunakan Improvement?

Penurunan kualitas tidak dapat dibenarkan dengan kemampuan untuk melakukan sesuatu lebih cepat atau murah. Untuk mempertahankan standar kualitas, tetapi juga untuk menghemat waktu dan uang, perusahaan mencari cara untuk bekerja ramping, termasuk continuous improvement.

Dengan memperhatikan best practice dalam continuous improvement, perusahaan dapat menemukan cara untuk melanjutkan bisnis mereka seperti biasa sambil menganalisis peluang untuk perbaikan.

Untuk perusahaan yang timnya tak dapat mempraktekkan continuous improvement pekerjaan sehari-hari mereka dapat paling baik mengkomunikasikan konsep ini dengan melakukan kegiatan peningkatan berkelanjutan, juga dikenal sebagai Acara Peningkatan Cepat atau Pemetaan Aliran Nilai.

Selain itu, bisa dilakukan juga Kaizen Event. Kegiatan ini dapat berlangsung selama 1-5 hari, tergantung pada kedalaman dan lebar topik. Anggota tim biasanya menerima daftar tugas yang dapat mereka gunakan untuk membantu menjalankan proses baru dalam organisasi, dan mengambil lebih sedikit waktu.

Banyak perusahaan yang telah mengadopsi teknik perbaikan Lean sebagai standard di mana semua project dan pekerjaan dijalankan. Peningkatan berkelanjutan membantu perusahaan menghemat biaya dengan mengidentifikasi inefisiensi dalam tim proyek yang terdiri dari beberapa tingkat manajemen atau tim produksi yang setiap langkahnya memiliki nilai. Apakah suatu bisnis memutuskan untuk terus meningkatkan sebagai bagian dari budaya hariannya tergantung pada dampak bisnis dan potensi penghematan biaya yang dapat dihasilkan.

Perbedaan Continuous dan Continual

Continuous dan continual improvement adalah dua istilah yang sering digunakan secara bersilangan. Namun, beberapa praktisi yang sangat terampil berpendapat bahwa keduanya memiliki makna yang berbeda. Berikut perbedaannya:

Continual Improvement adalah istilah yang lebih luas, yang digunakan oleh W. Edwards Deming untuk merujuk pada keseluruhan proses perbaikan (inklusif) yang mencakup perbaikan “terputus”. Ada berbagai pendekatan yang mencakup berbagai bidang.

Continuous Improvement adalah bagian tersendiri dari continual improvement, dengan fokus khusus pada peningkatan linier dan berkelanjutan dari proses yang ada. Beberapa praktisi juga menggabungkan peningkatan berkelanjutan dengan teknik kontrol proses yang akrab dengan penggunaan ilmu statistik.

Organisasi yang hebat terbentuk dari kumpulan karyawan hebat. Mereka melakukan pekerjaannya dengan baik, melakukan lebih dari yang diminta, konsisten menunjukkan usaha untuk selalu menghasilkan yang terbaik serta selalu bertumbuh. Karyawan hebat ini dapat melakukan tiga hal, diri sendiri, pekerjaan, dan hubungan. yaitu ia harus mampu mengelola dirinya. Artinya menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik, pikiran yang positif, termotivasi dan memiliki niat baik di tempat kerja. Orang adalah bagian yang sangat penting dalam organisasi. Orang dengan semua kemampuan mereka, jika dimobilisasi secara keseluruhan, akan berkinerja sangat baik.

Sekian artikel tentang improvement ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>