Komunikasi Interpersonal Adalah

Adalah.Co.Id – Komunikasi Interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan tatap muka yang saling berinteraksi, mendengarkan, membuat pernyataan, dan saling membuka. Sensitivitas adalah cara paling efektif untuk mengubah sikap, pendapat, dan perilaku seseorang dengan efek umpan balik langsung.

Pengertian lain dari komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan seseorang untuk bertukar gagasan dengan orang lain. Atau komunikasi interpersonal adalah salah satu konteks komunikasi di mana setiap individu berkomunikasi dengan perasaan, ide, emosi, dan informasi lainnya melalui konfrontasi langsung dengan orang lain.

Komunikasi-Interpersonal-Adalah
Komunikasi Interpersonal Adalah

Komunikasi Interpersonal juga berlaku secara kontekstual bergantung dengan keadaan, budaya dan bahkan konteks psikologis. Metode dan bentuk interaksi antara orang-orang dihormati sesuai dengan ketentuan ini.

Pengertian Komunikasi Interpersonal Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari komunikasi interpersonal menurut ahlinya.

1. Ronald B. Adler dkk (2009)

Menurut Ronald B. Adler et al. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara dua orang atau antarpribadi dalam konteks.

2. Joseph A. DeVito (2013)

Menurut Joseph A. Devitu, komunikasi interpersonal adalah interaksi verbal dan nonverbal antara dua (atau kadang-kadang lebih dari dua) orang yang saling bergantung.

Baca Juga : Engineer Adalah

3. Judy C. Pearson dkk (2011)

Menurut Judy C. Pearson et al. Komunikasi interpersonal adalah proses di mana pesan digunakan untuk mendapatkan makna yang sama antara setidaknya dua orang dalam situasi di mana pembicara dan pendengar memiliki kesempatan yang sama.

4. G.R Miller dan M. Steinberg (1975)

Komunikasi interpersonal, menurut G. R. Miller dan M. Steinberg, adalah komunikasi yang terjadi dalam hubungan interpersonal.

Tujuan Komunikasi Interpersonal

Terdapat enam tujuan dalam komunikasi interpersonal, antara lain yaitu:

1. Menemukan Personal Atau Pribadi

Dalam komunikasi interpersonal terdapat peluang untuk saling berbicara satu sama lain tentang apa yang menyenangkan kita dan apa yang membuat komunikasi itu menarik dan menyenangkan. Dengan berdiskusi dengan orang lain, memberikan umpan balik tentang perasaan, pikiran, dan perilaku.

2. Menemukan Dunia Luar

Dengan komunikasi interpersonal membuat kita bisa menjadi paham tentang diri kita sendiri dan orang lain yang berkomunikasi dengan kita. Banyak informasi yang dapat kita pelajari berasal dari komunikasi Interpersonal.

Baca Juga : Tujuan Adalah

3. Membentuk Dan Menjaga Hubungan Yang Penuh Arti

Salah satu keinginan orang yang sangat besar yaitu terbentuknya dan pemeliharaan hubungan dengan orang lain. Sebagian besar waktu yang dihabiskan untuk komunikasi interpersonal digunakan untuk membangun dan memelihara hubungan sosial dengan orang lain.

4. Merubah Sikap Dan Tingkah Laku

Dengan komunikasi interpersonal membuat banyak waktu yang bisa untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain. Kita dapat memberi mereka kesempatan untuk mencoba cara baru diet, membeli barang-barang, menonton film, menulis, membaca buku, dan menghabiskan waktu di posisi interpersonal.

5. Untuk Bermain Dan Kesenangan

Berbicara dengan teman tentang kegiatan kita di waktu akhir pekan, membahas olahraga dan umumnya menceritakan kisah-kisah lucu adalah percakapan yang menghabiskan waktu. Dengan komunikasi Interpersonal ini keseimbangan penting dapat dibangun dalam pikiran, yang membutuhkan relaksasi dari semua keseriusan di lingkungan kita.

6. Untuk Membantu

Ahli kejiwaan, ahli psikologi klinis dan terapi memakai komunikasi interpersonal dalam kegiatan profesional mereka untuk memandu klien mereka. Ini memiliki fungsi membantu orang lain dalam interaksi interpersonal harian kita. Kami berkonsultasi dengan teman yang sudah berpisah, bertanya kepada siswa tentang topik, dan sebagainya.

Fungsi Komunikasi Interpersonal

Terdapat enam fungsi komunikasi interpersonal antara lain yaitu:

  1. Membangun dan mempertahankan hubungan baik antar individu.
  2. Memberikan pengetahuan dan informasi
  3. Mengubah sikap dan perilaku
  4. Selesaikan masalah hubungan manusia
  5. Mendapatkan gambaran yang lebih baik
  6. Membantu jalan menuju kesuksesan.

Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal

Ada enam faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal, faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Citra Diri (Self Image)

Masing-masing manusia adalah penggambaran tertentu tentang dirinya, status sosialnya, kekuatan dan kelemahannya. Dengan kata lain, citra diri menjadi penentu ucapan dan persepsi orang. Orang-orang belajar memahami hubungan mereka dengan orang lain, terutama orang lain yang penting bagi diri mereka sendiri.

2. Citra Pihak Lain (The Image of The Others)

Citra pihak lain juga ikut dalam menentukan cara dan kemampuan bagaimana orang berkomunikasi. Bagian lainnya adalah seseorang yang berpartisipasi dalam komunikasi dan memiliki citra unik untuk dirinya sendiri. Terkadang mereka tiba-tiba menjadi gugup dan bingung dengan orang lain yang berkomunikasi dengan lancar, tenang, dan jelas dengan orang lain. Ternyata dalam komunikasi diri dan citra eksternal terganggu.

Baca Juga : MC Adalah

3. Lingkungan Fisik

Perilaku manusia tidak sama dari satu tempat pada tempat lain, memiliki aturannya sendiri yang harus dihormati. Selain itu, lokasi fisik atau lingkungan fisik juga memiliki hubungan dengan dua faktor di atas.

4. Kondisi

Kondisi fisik juga memiliki pengaruh terhadap komunikasi yang salah dalam pemilihan kata. Kondisi emosi yang tidak stabil, komunikasi juga kurang stabil, karena komunikasi berlangsung secara timbal balik. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi pengiriman, tetapi juga penerima. Komunikasi berarti menjadi penuh sesak dengan sesuatu yang lebih penting dan menghilangkan penyesalan dapat membantu membawa semuanya ke dalam proporsi yang masuk akal.

5. Bahasa Badan

Komunikasi tidak hanya dikirim atau terkirim dengan kata-kata yang diucapkan. Tubuh juga merupakan sarana komunikasi yang terkadang sangat efektif dan terkadang bahkan kabur. Namun, dalam hubungan antara orang-orang di lingkungan kerja, tubuh umumnya dapat menafsirkan sebagai bahasa atau sebagai pertanyaan.

6. Aspek-Aspek Komunikasi Interpersonal

Rahmat (1998:75) menyatakan dalam komunikasi interpersonal dua orang, ada aspek penting yang mendukung keberhasilan komunikasi interpersonal, yaitu:

Rasa Percaya

Dengan rasa percata ini membuat orang lain menjadi terbuka dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka terhadap individu, membangun hubungan yang dekat dan mendalam. Memahami komunikasi interpersonal, tujuan, fungsi, faktor yang mempengaruhi, aspek

Sikap Suportif

Yang akan terlihat dalam sikap ini yaitu:

  1. Deskripsi itu berarti transmisi perasaan dan persepsi tanpa penilaian
  2. Orientasi ke masalah adalah untuk mengomunikasikan bahwa keinginan untuk spontanitas adalah sikap jujur ​​dan tidak ingin menutupi alasan yang terkubur.
  3. Empati merasakan apa yang orang lain rasakan
  4. Persamaannya adalah sikap yang memperhitungkan tingkat yang sama, saling menghormati perbedaan pendapat dan kepercayaan yang ada.
  5. Profesionalisme adalah kesediaan untuk meninjau kembali pendapat seseorang dan mengakui kesalahan.

Sikap Terbuka

Sikap terbuka sangat berpengaruh terhadap komunikasi yang efektif, terdapat karakteristik sikap terbuka antara lain yaitu:

  1. Mengevaluasi berita secara objektif
  2. Orientasi konten
  3. Mencari informasi dari berbagai sumber
  4. Profesional dan siap untuk mengubah kepercayaan
  5. Mencari pemahaman tentang pesan dan bukan keyakinannya.

Klasifikasi Komunikasi Interpersonal

Dikutip Muhammad (2004, p. 159-160) mengembangkan klasifikasi komunikasi Interpersonal terdapat interaksi intim, percakapan sosial, interogasi ataupun pemeriksaan, serta wawancara. Berikut penjelasanya:

1. Interaksi Intim

Ini termasuk komunikasi antara teman baik, keluarga dan orang-orang yang sudah memiliki ikatan emosional yang kuat.

2. Percakapan sosial

Ini interaksi hanya untuk menyenangkan seseorang. Jenis komunikasi pribadi ini penting untuk pengembangan hubungan informal dalam organisasi.

Baca Juga : Rockwool Adalah

3. Interogasi atau Pemeriksaan

Ini adalah interaksi antara seseorang yang memiliki kendali, yang meminta atau bahkan meminta informasi dari orang lain.

4. Wawancara

Ini adalah bentuk komunikasi interpersonal di mana dua orang berkomunikasi dalam bentuk pertanyaan dan jawaban.

Sekian artikel tentang Komunikasi Interpersonal ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.