Pelayanan Prima Adalah

Adalah.Co.Id – Pelayanan prima atau disebut juga Excellent service merupakan melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan, sehingga pelanggan menjadi merasa puas. Atau definisi layanan terbaik yang menawarkan pelanggan atau konsumen layanan terbaik untuk menciptakan perasaan puas.

Secara umum, tujuan dari layanan prima adalah untuk memberikan layanan yang dapat memuaskan pelanggan sehingga perusahaan dapat mencapai laba maksimal.

Pelayanan-Prima-Adalah

Layanan ini sangat penting bagi perusahaan atau penjual untuk menarik pelanggan / konsumen. Dengan layanan yang baik, pelanggan merasa di rumah dan di tangan yang baik. Kemudian mereka membeli produk dan layanan yang ditawarkan dan dijual oleh perusahaan.

Dengan begitu banyak pelanggan yang membeli produk / layanan dari satu perusahaan, keuntungan maksimum tercapai. Tidak heran jika setiap perusahaan selalu menggunakan layanan prima untuk memuaskan pelanggannya.

Tujuan Pelayanan Prima

Adapun tujuan pelayanan prima diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Menawarkan pelanggan dengan layanan berkualitas tinggi.
  2. Membantu pelanggan membuat keputusan pembelian untuk barang atau jasa yang ditawarkan.
  3. Mempromosikan kepercayaan pelanggan pada barang atau layanan yang ditawarkan oleh penjual.
  4. Tingkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
  5. Untuk menghindari berbagai jenis pertanyaan atau keluhan dari pelanggan kepada penjual produk atau layanan yang mereka jual.
  6. Sehingga konsumen atau pelanggan merasa diperhatikan dengan baik.
  7. Meningkatkan dan pertahankan loyalitas pelanggan sehingga mereka terus membeli barang atau jasa yang dijual.

Manfaat Pelayanan Prima

Salah satu Manfaat dari layanan prima adalah peningkatan kualitas bisnis atau layanan publik untuk pelanggan atau masyarakat dan dapat menjadi referensi untuk pengembangan standar layanan.

Standar layanan dapat diartikan sebagai referensi atau parameter referensi yang digunakan untuk menyediakan layanan dan juga sebagai referensi untuk menilai kualitas layanan. Layanan ini disebut Prime ketika pelanggan puas dan memenuhi harapan pelanggan.

Konsep Dasar Pelayanan Prima

Konsep pelayanan prima ada 3 (tiga) macam, berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Konse Sikap / Attitude

Sikap yang harus Anda miliki adalah ramah, penuh perhatian, dan bangga dengan perusahaan. Karyawan perusahaan diharapkan mencerminkan perusahaan itu sendiri. Karena karyawan yang melayani konsumen mencerminkan citra perusahaan. Konsumen atau pelanggan akan meninggalkan kesan pertama jika mereka secara langsung menghubungi orang-orang yang bekerja di perusahaan, salah satunya adalah karyawan yang menyediakan layanan.

Keberhasilan sebuah perusahaan jasa tergantung pada orang-orang yang terlibat dalam menjalankan perusahaan. Beberapa sikap diharapkan, seperti sikap yang membanggakan diri pada pekerjaan yang dilakukan, didedikasikan untuk pekerjaan yang dilakukan dan selalu mempertahankan citra baik perusahaan dan orang lain.

Tentu saja, dalam konsep layanan ini karyawan harus memiliki pengetahuan tentang pekerjaan mereka, keterampilan atau kemampuan yang cocok untuk pekerjaan mereka dan dapat berkomunikasi dengan baik. Dan itu juga harus diperhitungkan, karyawan harus tampil menarik dan berpendidikan sesuai dengan peraturan perusahaan.

2. Konsep Perhatian / Attention

Saat memberikan layanan kepada konsumen, perhatian harus diberikan pada keinginan konsumen. Ketika konsumen telah menyatakan niatnya untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan, dia segera melayani dan menawarkan bantuan yang dia butuhkan untuk membuat konsumen merasa diperhatikan dan bahwa keinginannya dapat dipenuhi.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam konsep ini, seperti salam di awal percakapan, pertanyaan tentang preferensi konsumen, memahami preferensi konsumen, ramah, pengiriman layanan yang cepat dan akurat dan memprioritaskan minat konsumen. karena konsumen adalah raja.

3. Konsep Tindakan / Action

Sebagai contoh, seorang karyawan layanan harus selalu memperhatikan apa yang diinginkan konsumen dalam konsep tindakan. Jika pelanggan telah menunjukkan minat untuk membeli produk, segera layani pelanggan dan tawarkan mereka dukungan yang mereka butuhkan sehingga pelanggan puas dengan layanan tersebut.

Beberapa bentuk pelayanan pada konsep ini misalnya seperti mencatat pesanan yang di inginkan pelanggan, mengkonfirmasi atau memverifikasi pesanan pelanggan, menyelesaikan transaksi pesanan pelanggan dan biasanya berterima kasih kepada pelanggan.

Fungsi Pelayanan Prima

Adapun beberapa fungsi pelayanan prima diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Melayani pelanggan dengan ramah, presisi dan cepat sehingga mereka puas.
  2. Ciptakan suasana di mana konsumen merasa sangat penting bagi perusahaan.
  3. Buat pangsa pasar yang lebih baik untuk produk atau layanan yang dijual.
  4. Buat pelanggan senang untuk terus menggunakan produk atau layanan perusahaan.
  5. Posisikan pelanggan sebagai mitra bisnis.
  6. Mampu memenangkan persaingan di pasar.
  7. Untuk memberikan keuntungan yang maksimal.

Karakteristik Kualitas Dari Pelayanan Prima

Adapun karakteristik kualitas yang dimiliki pelayanan prima diantaranya sebagai berikut ini:

1. Penampilan

Penampilannya sangat penting untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik karena dapat meyakinkan pelanggan dalam penyediaan layanan dengan penampilan yang baik. Misalnya, sebagai resepsionis Anda membutuhkan bahasa yang baik, penampilan yang menarik, tubuh yang proporsional, dan lainnya.

2. Kesopanan Dan Ramah

Karyawan yang melayani masyarakat atau pelanggan memerlukan sikap sopan, sabar, dan tidak mementingkan diri sendiri karena komunitas pengguna layanan berasal dari berbagai bidang, baik di tingkat ekonomi yang berbeda dan di berbagai tingkat status sosial.

3. Kesediaan Melayani

Karyawan harus profesional atau benar-benar melayani pelanggan mereka karena tugas mereka harus selalu siap melayani pelanggan yang benar-benar membutuhkannya.

4. Pengetahuan Dan Keahlian

Untuk melayani dengan baik, karyawan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang yang mereka kerjakan. Misalnya, perwakilan layanan yang memiliki tingkat pendidikan atau pelatihan tertentu, itulah sebabnya posisinya juga harus sesuai dengan pengalamannya.

5. Tepat Waktu Dan Janji

Dalam hal layanan, karyawan harus menjaga waktu dan janji ketika melakukan tugas mereka, jika janji terlebih dahulu dibuat dengan pelanggan, misalnya, mengadakan pertemuan dengan pelanggan dalam jangka waktu 3 hari.

6. Kejujuran Dan Kepercayaan

Saat memberikan layanan, ia harus jujur ​​dalam semua aspek, jujur ​​dalam bentuk aturan, jujur ​​dalam bentuk pembiayaan, dan jujur ​​dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika Anda jujur, manajer layanan dapat mengandalkan beberapa hal, termasuk dalam hal kata-kata, sikap, pekerjaan dan lain-lain.

7. Efesien

Layanan masyarakat atau pelanggan harus efisien dan efektif karena pelanggan meminta hal-hal ini. Ini memungkinkan waktu yang efektif, singkat dan tepat biaya serta hasil layanan berkualitas tinggi dapat dicapai. Karenanya, efisiensi dan efektifitas adalah hal-hal yang harus dicapai dan harus menjadi perhatian serius dalam penyediaan layanan.

8. Kepastian Hukum

Jika hasil layanan yang diberikan kepada pelanggan dalam bentuk keputusan, kepastian hukum harus diberikan. Jika tidak ada kepastian hukum yang jelas, itu mempengaruhi sikap masyarakat, misalnya dalam layanan manajemen sekuritas. Jika ada ketidakpastian hukum, hal itu mempengaruhi kredibilitas perusahaan atau layanan.

9. Keterbukaan

Setiap perusahaan atau bisnis yang berurusan dengan izin harus dibuka. Sikap terbuka ini mempengaruhi kejelasan informasi untuk publik atau pelanggan.

10. Biaya

Pendanaan yang memadai harus ditetapkan di perusahaan. Oleh karena itu, biaya daya beli masyarakat harus masuk akal, transparan, dan sesuai.

Sekian artikel tentang Pelayanan Prima ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>