Konsinyasi Adalah : Keuntungan dan Kerugian dari Sistem Konsinyasi

Adalah.Co.Id – Konsinyasi merupakan suatu bentuk kerjasama dalam penjualan produk yang dilakukan oleh pemilik barang dengan penyalur, pedagang, atau pemilik toko. Dalam sistem kerja sama distribusi ini, pemilik barang menyerahkan barangnya kepada penyalur, pedagang, atau pemilik toko untuk dijual. Sederhananya konsinyasi dipahami sebagai jual titip.

Sistem kerjasama konsinyasi dalam dunia bisnis sudah sangat umum digunakan. Konsinyasi terdiri dari dua pihak yang telah dikontrak untuk menjual barang, satu pihak memiliki barang dan pihak lainnya menjual barang. Dalam perjanjian konsinyasi, pemilik barang yang mempercayakan barangnya disebut sebagai pengirim, sedangkan pedagang yang menjual barang tersebut disebut sebagai penerima barang. Barang-barang yang diserahkan sebagai subjek perdagangan dalam lingkup kontrak konsinyasi ini disebut barang konsinyasi.

Dalam implementasinya, sistem penjualan konsinyasi mengikat kedua belah pihak yaitu pemilik barang dan pembeli. Dalam kontrak yang isinya disepakati oleh keduanya, dimulai dengan ketentuan penjualan yang dipercayakan dengan penentuan harga jual. Kedua belah pihak harus menerima manfaat yang proporsional dan tidak boleh merugikan pihak mana pun.

Konsinyasi-Adalah
Konsinyasi Adalah

Praktik penjualan titipan (konsinyasi) ini masih umum terjadi di masyarakat kita, dan merupakan salah satu skema bisnis yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan beli-putus. Apa itu beli-putus? beli-putus adalah program penjualan normal di mana pembeli membeli barang dari penjual dan mengalihkan semua resiko yang terkait dengan barang tersebut kepada pembeli. Baik penjualan dilakukan dengan cash atau kredit, istilah lain untuk penjualan kredit adalah ‘on account’ (hutang-piutang).

Sistem Pembelian Konsinyasi

Secara umum, konsinyasi adalah sebuah bentuk kerja sama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang atau produk dengan penyalur atau reseller. Ketika pemilik produk mempercayakan barang-barangnya toko untuk menjual produk-produknya. Sistem ini biasanya dilakukan oleh agen besar untuk operasi ritel pada pembagian keuntungan atau komisi.

Dalam menentukan distribusi laba, pengecer biasanya akan menerima persentasi diskon penjualan sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh pemilik barang sehingga toko atau pengecer membayar pengirim secara proporsional dengan jumlah yang dijual dikurangi margin komisi.

Berbicara tentang bentuk pembagian pendapatan dari sistem transit sebenarnya tergantung pada kesepakatan antara kedua pihak. Sebelum Anda melakukan kolaborasi ini anda dan pihak kedua seharusnya sepakat terlebih dahulu sebelumnya memberi manfaat bagi kedua belah pihak.

Tips Memaksimalkan Keuntungan dari Sistem Konsinyasi

Tujuan dilakukannya konsinyasi tentu untuk menghasilkan tingkat keuntungan yang maksimal. Mungkinkah? Mungkin saja, jika sistem penjualan ini dilakukan dengan strategi yang benar. Berikut tips untuk melakukan konsinyasi agar keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

1. Lakukan Survei Sebelum Menentukan Pilihan Konsinyasi

Memilih penerima yang tepat adalah ujung tombak bisnis Anda karena menentukan apakah Anda dapat mendukung penjualan barang Anda atau tidak. Meskipun ada banyak cara untuk menyimpan barang, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal aturan seperti memilih lokasi dan kredibilitas. Untuk melakukan hal ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan survei sebelum Anda bisa mempercayakan barang kepada penerima. Pikirkan di mana penerima berada, apakah strategis, penuh konsumen atau pelanggan, apakah barang itu aman atau tidak, apakah mereka memiliki layanan yang baik atau tidak, dan sebagainya.

2. Kenali Konsinyasi Dengan Baik

Jika Anda telah membuat keputusan yang konsisten, Anda akan mengenal mereka dengan baik. Bangun komunikasi intensif dengan pemilik bisnis tempat Anda mengirimkan barang-barang Anda. Ketika sulit untuk bertemu penjaga toko secara langsung, Anda dapat menjalin komunikasi pribadi melalui telepon, email, media sosial dan lainnya. Ini tentang mengenali penerima dan meninggalkan kesan yang baik.

3. Periksa Barang Secara Teratur

Meskipun penerima yang Anda pilih dapat dipercaya dan dapat memberikan jaminan keamanan untuk penyimpanan barang, lebih baik untuk meninjau barang secara berkala berdasarkan kuantitas, kualitas, dan tanggal kedaluwarsa. Dengan inspeksi rutin barang, Anda secara bersamaan melakukan kontrol kualitas objek yang dipercayakan.

Keuntungan dari Sistem Konsinyasi

Sistem penjualan konsinyasi bisa menjadi strategi yang efektif untuk memaksimalkan keuntungan. Baik bagi pemilik barang maupun penjual, sistem konsinyasi mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Adapun keuntungan bagi pemilik barang atau konsinyor yakni sebagai berikut.

1. Mampu Menjangkau Pasar yang Lebih Luas Dengan Menghemat Biaya Promosi

Barang pengirim dapat mencapai pasar yang lebih luas di toko-toko yang sudah memiliki pelanggan. Untungnya, pengirim tidak harus menanggung biaya iklan untuk meluncurkan produk mereka di pasar sasaran.

2. Menghemat Biaya Pelayanan

Pemilik barang tidak tertarik untuk memberikan layanan kepada konsumen atau pelanggan secara langsung ketika menjual produk mereka. Dalam hal ini, pengirim dapat menghemat biaya layanan karena tidak ada karyawan yang dipekerjakan untuk melakukan pemasaran dan memberikan layanan kepada konsumen atau pelanggan.

3. Lebih Fokus Dalam Meningkatkan Kualitas Barang

Pengirim dapat lebih fokus pada peningkatan kualitas barang, karena ia tidak berurusan dengan masalah pemasaran, promosi penjualan, dan layanan langsung. Selain itu, pengirim juga dapat mengembangkan produk dan berinovasi untuk membuat produk lebih menarik dan lebih bermanfaat bagi konsumen atau pelanggan.

4. Memperoleh Keuntungan Tanpa Modal

Konsinyi hanya menawarkan tempat untuk menampilkan barang-barang yang disimpan oleh pengirim. Namun demikian Konsinyi mendapat keuntungan dari penjualan objek yang disimpan baik dalam bentuk komisi penjualan pengirim atau kenaikan harga jual objek yang disimpan. Akibatnya, penerima mendapat untung tanpa menghabiskan modal.

5. Tingkat Risiko Rendah

Risiko ditanggung oleh penerima sebagai penjual benda yang akan disimpan relatif rendah. Jika barang tidak dijual atau rusak, penerima tidak akan menanggung kerugian. Hanya saja manfaat yang bisa didapat berkurang.

6. Mampu Men-display Produk yang Banyak dan Beragam Tanpa Modal

Penerima dapat menerima berbagai produk dari banyak pengirim. Dengan produk yang lebih beragam, potensi penyiaran dapat menghasilkan keuntungan tanpa lebih banyak modal.

Kerugian dari Sistem Konsinyasi

1. Salah Memilih Tenaga Penjual atau Konsinyi

Jika pengirim keliru dalam memilih penerima, ada risiko yang jelas untuk menjual barang yang tidak optimal. Ini mengarah pada fakta bahwa penanganan barang terhenti, sehingga mengakumulasi persediaan. Akibatnya, proses produksi terhambat sehingga pengirim dapat mengalami kerugian.

2. Tidak Dipromosikan Secara Maksimal

Penerima pasif tentu memiliki pengaruh pada promosi barang yang tidak optimal. Akibatnya, konsumen atau pelanggan tidak menyadari fitur dan manfaat produk.

3. Hasil Penjualan Barang Tidak Langsung Diterima

Konsinyi umumnya harus mematuhi ketentuan pembayaran penerima untuk penjualan barang yang dipercayakan, per minggu atau per bulan. Ini berarti bahwa penjualan barang tidak bisa langsung ke pengirim. Keterlambatan penerimaan pendapatan dari penjualan ini berdampak pada proses produksi, yang mengharuskan pengirim untuk memiliki lebih banyak modal untuk melanjutkan produksi.

Sekian artikel tentang konsinyasi ini semoga memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya >>>