3 Cara Ampuh Mengatasi Windows 10 Lemot

3 Cara Ampuh Mengatasi Windows 10 Lemot – Windows 10 hebat dan tidak diragukan lagi bahwa Microsoft mendorong banyak pembaruan untuk membuatnya lebih baik. Namun, banyak pengguna yang sering mengeluh tentang Windows 10 yang lambat dan lamban.

Tidak dapat disangkal bahwa banyak pengguna Windows 10, atau bahkan pengguna yang menggunakan OS Windows lain, akan menghadapi masalah komputer yang lemot.

Lemot tidak selalu disebabkan oleh Sistem Operasi, mungkin ada banyak alasan berbeda untuk Laging Windows Anda. Masalah lag mungkin karena RAM rendah atau karena virus/malware atau mungkin karena program berat yang berjalan di latar belakang. Karena ada banyak alasan untuk ini, ada banyak solusi juga.

Metode 1: Matikan Program yang Tidak Diinginkan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam skenario di mana sistem Anda sangat lambat adalah menyingkirkan program yang tidak diinginkan.

Ada banyak program yang berjalan di latar belakang dan menggunakan sebagian dari sumber daya Anda. Program-program ini dapat menyebabkan lemot di Windows Anda terutama jika jumlahnya cukup banyak.

1. Tekan dan Tahan tombol CTRL, SHIFT dan Esc secara bersamaan (CTRL + SHIFT + ESC) untuk membuka pengelola tugas

2. Klik pada tab Startup

3. Sekarang, lihat program-program yang disebutkan di sana. Harus ada beberapa dari mereka. Pilih salah satu yang tidak Anda gunakan secara teratur dan klik Nonaktifkan. Ulangi langkah ini untuk setiap program yang Anda lihat dalam daftar.

Catatan: Jika mau, Anda dapat membuka program yang Anda lihat di startup dan menonaktifkan opsi mulai otomatis saat startup.

Lokasi opsi akan bervariasi dari program ke program tetapi opsi ini biasanya ada di pengaturan dan dapat dengan mudah ditemukan.

Hapus centang opsi itu dan simpan pengaturan Anda sehingga Anda tidak perlu menonaktifkan program di setiap startup. Lakukan ini hanya untuk program yang tidak ingin Anda mulai saat komputer Anda mulai.

Periksa Antivirus: Anda juga harus mencoba menonaktifkan antivirus Anda selama beberapa menit dan melihat apakah itu mengubah kecepatan sistem Anda. Sebagian besar antivirus ini menghabiskan banyak sumber daya.

Program anti-virus memindai file dan situs web sebelum membukanya sehingga banyak sumber daya yang diambil oleh mereka, terus menerus. Hampir setiap anti-virus memiliki opsi untuk menonaktifkannya dalam waktu singkat, mis. 10-15 menit.

Cukup klik kanan pada ikon anti-virus Anda dari baki sistem (sudut kanan bawah layar desktop Anda) dan pilih Nonaktifkan. Anda mungkin akan melihat opsi untuk menonaktifkan anti-virus selama 10 menit atau hingga komputer dihidupkan ulang.

Catatan: Opsi Nonaktifkan akan bervariasi dari anti-virus ke anti-virus. Tapi, harus ada opsi di pengaturan anti-virus Anda di suatu tempat.

Metode 2: Periksa Driver

Cara ini untuk orang yang mengalami lag setelah update Windows 10. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini meskipun masalah tidak terjadi setelah pembaruan Windows 10 tetapi kemungkinan pekerjaan ini akan tinggi bagi mereka yang baru saja menginstal pembaruan Windows 10.

Pada dasarnya, Windows 10 lebih menyukai driver generiknya sendiri daripada driver pihak ketiga. Jadi, ada kemungkinan Windows 10 mengganti driver lama Anda dengan set generiknya sendiri setiap kali Anda menginstal pembaruan baru. Ada juga kemungkinan driver Anda sudah ketinggalan zaman dan itulah yang mungkin menyebabkan kelambatan.

Driver yang harus Anda periksa adalah driver tampilan. Driver ini, jika bermasalah, dapat menyebabkan kelambatan dan kelambatan pada PC Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa driver komputer Anda.

1. Tahan tombol Windows dan tekan R

2. Ketik devmgmt.msc dan tekan Enter

3. Sekarang, periksa driver penting Anda terutama Driver Tampilan. Klik dua kali Display Adapters dan kemudian klik dua kali perangkat tampilan Anda juga.

4. Klik pada tab Driver

Lihatlah informasi yang disediakan di sana. Jika penyedia driver berubah maka itu berarti lambat dan lag karena driver yang diganti.

Cukup klik tombol Uninstall dan ikuti petunjuk di layar. Setelah driver dihapus, Anda dapat mengunduh dan menginstal driver pihak ketiga Anda atau memutar kembali ke yang sebelumnya jika diinstal sebelum pembaruan

Jika masalah tidak terpecahkan dengan mengganti driver atau driver tidak diubah maka Anda dapat mencoba memperbarui driver juga.

Buka situs web produsen Anda dan cari versi driver terbaru. Jika Anda menemukan driver yang diperbarui, unduh file driver dan ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini :

1. Tahan tombol Windows dan tekan R

2. Ketik devmgmt.msc dan tekan Enter

3. Klik dua kali kategori perangkat yang Anda temukan driver terbarunya. Misalnya, jika Anda menemukan driver terbaru untuk perangkat tampilan Anda, klik dua kali Adaptor Tampilan.

4. Klik kanan perangkat Anda dan klik Update Driver Software…

5. Pilih Browse my computer untuk perangkat driver software.

6. Klik Browse dan arahkan ke lokasi tempat Anda mengunduh driver, pilih driver dan klik Open

7. Klik Berikutnya dan ikuti petunjuk tambahan di layar

Masalahnya akan hilang setelah Anda selesai memperbarui driver.

Metode 3: Pindai Virus

Sering kali, kelambatan dan kelambatan pada Windows Anda disebabkan oleh virus. Virus dan malware biasanya menginstal program di komputer Anda dan program tersebut berjalan di latar belakang.

Program-program ini menggunakan sumber daya komputer Anda serta sumber daya internet Anda terutama jika mereka mengirimkan informasi penting kembali ke penyerang.

Jika internet Anda juga sangat lambat maka itu adalah indikator yang baik bahwa Anda memerlukan pemindaian mesin yang tepat.

Buka program Antivirus Anda dan lakukan pemindaian mendalam pada sistem Anda. Jangan lakukan pemindaian cepat karena tidak seefisien pemindaian mendalam.

Jika Anda tidak menginstal program antivirus di komputer Anda, kami akan merekomendasikan Malwarebytes. Ini adalah perangkat lunak anti-malware yang sangat populer dan sangat bagus yang dipercaya oleh banyak orang. Anda dapat mengunduhnya dengan mengklik di sini dan mengunduh versi gratis.